Blackforrest: Precisely Good, Esthetically chaos

black_forrest1_small.jpg

Baru kali ini menghias dengan whip cream, ternyata sulit bener. Hasilnya gak cantik, dan mbleber kemana-mana, ya iyalah consistency nya tidak seperti buttercream. Mungkin itu kali yah alasan orang kalau buat blackforrest ditutupin pagar coklat sekelilingnya. Atau mungkin kalau mau membuat kerang penutup pinggir-pinggir kue pake buttercream ajah, jadi tetap cantik =D

Diluar penampilan kue, resepnya enaks banget. Ya iyalah sponge cake coklat, disiram simple syrup, whip cream, dan buah cherry. Gimana gak enak coba :-D

Blackforest (adaptasi dari resep Bogasari)

black_forrest2_small.jpg

 

Bahan I : Sponge cake
- Telur 5 butir
- Gula kastor 200 gram
- emulsifier 9 gram
- garam 1 gram
- Tepung terigu 120 gram
- coklat bubuk 19 gram
- Baking powder 1.5 gram
- Susu cair 40 ml
- Vanilla essence
- Margarin 30 gram ( lelehkan ).

black_forrest3_small.jpg

Cara membuat :
1. kocok telur, gula, emulsifier dan garam dengan kecepatan tinggi hingga mengembang.
2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, kemudian masukkan kedalam adonan diatas secara bertahap dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata.
4. Masukkan susu cair dan vanilla essence ke dalam adonan secara bertahap dengan spatula hingga tercampur rata.
5. Masukkan margarin cair secara bertahap hingga tercampur rata.
6. Tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi mentega dan diberi alas kertas roti.
7. Panggang dalam oven dengan suhu +/- 180 derajat celcius selama +/- 30 menit.

Bahan isi :
- Dark cherry 225 gram
- Gula 90 gram
- Kayu manis bubuk 2 gram
- tepung maizena ( larutkan dengan air dark cherry) 15 gram

cara membuat :
1. Masak dark cherry, kayu manis dan gula sampai mendidih.
2. Masukkan larutan maizena, aduk hingga mengental, angkat dan dinginkan.

Bahan sirup :
simple sirup : gula + air (2:1) 50 gr air, dan 100 gr gula
Rum paste

Bahan olesan lapisan sponge 1: (saya gak pake, cuma diganti whipcream aja/bahan lapisan 2)
- Whipcream 110 gram
- coklat cair 45 gram

Cara membuat :
1. Campur whipcream bubuk dengan air, masak sampai keluar gelembung-gelembung kecil (jangan sampai mendidih).
2. Masukkan potongan coklat, aduk hingga coklat lumer, angkat.
3. Dinginkan dengan suhu ruang, setelah dingin simpan ke dalam lemari es sampai mengeras.
4. Kocok dengan mixer apabila akan digunakan.

black_forrest_small.jpg

Bahan olesan lapisan sponge 2 :
- Whipcream 750 gram (Bisa digunakan whipcream bubuk yang dicampur es dan dikocok kaku. Saya coba pakai whipcream cair, dikocok kaku kok gak bisa ya ^^;)

Bahan topping
- Coklat serut (pake serutan kentang yah)
- Red cherry

Cara menghias :
1. Potong sponge cake secara horizontal menjadi 3 lapis.
2. ambil sponge1 basahi permukaanya dengan sirup, tutup dengan whipped cream pada bagian atasnya dan beri dark cherries.
3. Tutup kembali dengan lapisan sponge 2, basahi permukaannya dengan sirup lalu poleskan whipped cream pada bagian atasnya dan beri dark cherries.
4. tutup dengan lapis sponge 3, basahi dengan sirup lalu tutup seluruh permukaan dengan whipcream. Hias dengan coklat serut dan cherry merah.

Selesai!

7 Responses to “Blackforrest: Precisely Good, Esthetically chaos”

  1. unisa Says:

    tisaaaaaaaaa…
    niooooooooooooooo….
    *ngiler dot com

  2. shashakoe Says:

    hyuukkk ka sikoooooo ni :D

  3. unga Says:

    iyeh… emg klu pake whip sering bleber kemana mana, bisa dicoba pake es batu jan pake aer es he2…. pastiin cakex dah bner2 dingin (klu perlu masukin kolkas dl – pengalaman pribadi hahahhaha…)
    sedikit variasi buat oles2x pake whip yg dicampur plum, dan sedikit rum yum2….
    klu whipx masih bleber segera cari coklat penolong hahahaahh….
    nice blog ^,^

  4. Habib Says:

    =P~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ (repeat until next page)

  5. shashakoe Says:

    unga: aku kemari nemu tip nga… dipecahnya si whip cream dg susu yg lebih dikit dr ukuran yg diminta.. jadi agak stiff.. cuma ya whip cream jadi dikit

    habib: kekeke mau sepotong bib?

  6. unga Says:

    ya ya ya….

  7. nanananana Says:

    waaaaaaaaahh>>>>>>>hhhhhhhhh,,,,,,mmmmmmmaaauuuuuuuuuu

Leave a Reply